Laman

September 22, 2012

Sikap positip terhadap pancasila

Sikap positip terhadap pancasila sebagai ideology terbuka


1.       Jelaskan pengertian pancasila sebagai ideology terbuka !
Jawab   : pancasila sebagai ideology terbuka mengandung pengertian bahwa ideology pancasila adalah bersifat actual, dinamis, dan antisifatis. Ideology pancasila senantiasa mampu menyesuaikan dengan perkembangan jaman, ilmu pengetahuan, dan teknologi serta perkembangan masarakatnya.
2.       Sebutkan dan jelaskan sikap dan perilaku positip terhadap nilai-nilai ketuhanan yang maha esa sehubung dengan pancasila sebagai ideology terbuka !
Jawab   : sikap dan perilaku positip terhadap nilai-nilai ketuhanan yang maha esa sehubung dengan pancasila sebagai ideology terbuka dapat ditunjukan antaara lain :
a.       Melaksanakan kewajiban dalam keyakinan terhadap tuhan YME sesuai dengan Agama dan kepercayaan masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
b.      Membina kerja sama dan tolong menolong dengan penganut agama lain sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan masing-masing.
c.       Mengembangkan toleransi antar umat beragama menuju kehidupan yang serasi, selaras, dan seimbang.
d.      Tidak memaksanakan suatu Agama dan kepercayaan terhadap tuhan YME kepada orang lain.
3.       Sebutkan dan jelaskan sikap dan perilaku positip terhadap nilai-nilai kemanusiaan sehubung dengan pancasila sebagai ideology terbuka !
Jawab   : sikap dan perilaku positip terhadap nilai-nilai kemanusiaan sehubung dengan pancasila sebagai ideology terbuka dapat ditunjukan antara lain :
a.       Memperlakukan Manusia atau Orang lain sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai mahluk ciptaan tuhan YME.
b.      Mengakui persamaan derajat, hak dan kewajiban asasi setiap manusia tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, jenis kelamin, kedudukan social dan sebagainya.
c.       Mengembangkan sikap saling tolong menolong sesama manusia, tenggang rasa, dan tidak semena-mena terhadap orang lain.
d.      Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan seperti menolong orang lain, membantu orang lain yang membutuhkan, menolong korban banjir.
4.       Sebutkan dan jelaskan sikap dan perilaku positip terhadap nilai-nilai persatuan Indonesia sehubung dengan pancasila sebagai ideology terbuka !
Jawab   : sikap dan perilaku positip terhadap nilai-nilai persatuan Indonesia sehubung dengan pancasila sebagai ideology terbuka antara lain :
a.       Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan Negara jika suatu saat di perlukan.
b.      Mencintai tanah air dan bangga terhadap bangsa dan Negara indonesia.
c.       Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhineka tunggal ika.
d.      Mengembangkan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.
5.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan menjungjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan !
Jawab   : sikap dan perilaku kita harus senan tiasa menempatkan manusia lain sebagai mitra sesuai dengan harkat dan martabatnya, hak dan kewajibanya di hormati secara beradab, dengan demikian tidak akan terjadi  penindasan dan pemerasan, segala aktivitas bersama berlangsung dalam keseimbangan, kesetaraan, dan kerelaan.
6.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan menjungjung tinggi nilai-nilai persatuan !
Jawab   : menjungjung tinggi nilai-nilai persatuan indonesia sesuai sifat pancasila sebagai ideology terbuka berarti mengharuskan setiapa warga Negara indonesia agar tetap mempertahankan keutuhan keutuhan dan tegak kokohnya Negara kesatuan republic indonesia. Kita menyadari bahwa Negara Negara kesatuan ini memiliki berbagai keaneka ragaman (ke-bhineka tunggal ika-an) dari segi agama, adat, budaya, ras,suku dan sebagainya yang harus ditempatkan secara proposional. Oleh sebab itu jika terjadi masalah atau konflik ,kepentingan bangsa dan Negara harus ditempatkan diatas kepentingan pribadi, kelompok daerah  atau kelompok.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar disini, dan gunakan bahasa yang baik dan benar, dan juga saya beritahukan blog ini DOFOLLOW.