Skip to main content

Sikap positip terhadap pancasila

Sikap positip terhadap pancasila sebagai ideology terbuka


1.       Jelaskan pengertian pancasila sebagai ideology terbuka !
Jawab   : pancasila sebagai ideology terbuka mengandung pengertian bahwa ideology pancasila adalah bersifat actual, dinamis, dan antisifatis. Ideology pancasila senantiasa mampu menyesuaikan dengan perkembangan jaman, ilmu pengetahuan, dan teknologi serta perkembangan masarakatnya.
2.       Sebutkan dan jelaskan sikap dan perilaku positip terhadap nilai-nilai ketuhanan yang maha esa sehubung dengan pancasila sebagai ideology terbuka !
Jawab   : sikap dan perilaku positip terhadap nilai-nilai ketuhanan yang maha esa sehubung dengan pancasila sebagai ideology terbuka dapat ditunjukan antaara lain :
a.       Melaksanakan kewajiban dalam keyakinan terhadap tuhan YME sesuai dengan Agama dan kepercayaan masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
b.      Membina kerja sama dan tolong menolong dengan penganut agama lain sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan masing-masing.
c.       Mengembangkan toleransi antar umat beragama menuju kehidupan yang serasi, selaras, dan seimbang.
d.      Tidak memaksanakan suatu Agama dan kepercayaan terhadap tuhan YME kepada orang lain.
3.       Sebutkan dan jelaskan sikap dan perilaku positip terhadap nilai-nilai kemanusiaan sehubung dengan pancasila sebagai ideology terbuka !
Jawab   : sikap dan perilaku positip terhadap nilai-nilai kemanusiaan sehubung dengan pancasila sebagai ideology terbuka dapat ditunjukan antara lain :
a.       Memperlakukan Manusia atau Orang lain sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai mahluk ciptaan tuhan YME.
b.      Mengakui persamaan derajat, hak dan kewajiban asasi setiap manusia tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, jenis kelamin, kedudukan social dan sebagainya.
c.       Mengembangkan sikap saling tolong menolong sesama manusia, tenggang rasa, dan tidak semena-mena terhadap orang lain.
d.      Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan seperti menolong orang lain, membantu orang lain yang membutuhkan, menolong korban banjir.
4.       Sebutkan dan jelaskan sikap dan perilaku positip terhadap nilai-nilai persatuan Indonesia sehubung dengan pancasila sebagai ideology terbuka !
Jawab   : sikap dan perilaku positip terhadap nilai-nilai persatuan Indonesia sehubung dengan pancasila sebagai ideology terbuka antara lain :
a.       Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan Negara jika suatu saat di perlukan.
b.      Mencintai tanah air dan bangga terhadap bangsa dan Negara indonesia.
c.       Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhineka tunggal ika.
d.      Mengembangkan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.
5.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan menjungjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan !
Jawab   : sikap dan perilaku kita harus senan tiasa menempatkan manusia lain sebagai mitra sesuai dengan harkat dan martabatnya, hak dan kewajibanya di hormati secara beradab, dengan demikian tidak akan terjadi  penindasan dan pemerasan, segala aktivitas bersama berlangsung dalam keseimbangan, kesetaraan, dan kerelaan.
6.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan menjungjung tinggi nilai-nilai persatuan !
Jawab   : menjungjung tinggi nilai-nilai persatuan indonesia sesuai sifat pancasila sebagai ideology terbuka berarti mengharuskan setiapa warga Negara indonesia agar tetap mempertahankan keutuhan keutuhan dan tegak kokohnya Negara kesatuan republic indonesia. Kita menyadari bahwa Negara Negara kesatuan ini memiliki berbagai keaneka ragaman (ke-bhineka tunggal ika-an) dari segi agama, adat, budaya, ras,suku dan sebagainya yang harus ditempatkan secara proposional. Oleh sebab itu jika terjadi masalah atau konflik ,kepentingan bangsa dan Negara harus ditempatkan diatas kepentingan pribadi, kelompok daerah  atau kelompok.

Comments

Popular posts from this blog

kumpulan cheat terbaru perjuangan semut 2013

kumpulan perjuangan semut 2013 Tools : [-] Browser ( Mozilla Firefox , Google Chrome) [-] Cheat Engine [C.E] Cheat Batu Kuat Level 5 Perjuangan Semut 1. Buka Perjuangan Semut 2. Buka Cheat Engine versi berapapun - Klik Plugin Container untuk Windows XP - FlashPlayerPlugin untuk Windows 7 3. Masuk Pabrik Alat > Perkuat 4. First scan jumlah batu kuat level 3 kalian 5. Drag 1 batu kuat level 3 sehingga jumlah batu kuatnya kurang 1 lalu next scan jumlah sesudah kurang 1, setelah itu drag lagi batu kuat level 3 dari kotak perkuat ke kumpulan batu sehingga bertambah 1 lalu next scan jumlah setelah bertambah 1 *lakukan langkah ini berulang kali sehingga muncul 1 adrress 6. Klik 2x pada adress yang ditemukan 7. Tambahkan +20 pada akhiran address kemudian VALUE nya diganti menjadi - 4 Untuk Batu Kuat level 4 - 5 Untuk Batu Kuat level 5 8. Keluar Pabrik dan Kembali lagi ke Pabrik 9. Taraaaaaa, batu kuat level 3 anda berubah menjadi batu kuat level 5!!! NB : Cheat ini

laporan praktikum Bintik Buta

Lapoaran pratikum Biologi Bintik Buta Disusunoleh          : ·         Aldi Sanjaya ·         Asep Saepul M ·         Candra Riswanto ·         Ilham Maulana ·         Lutfi Rizki S ·         Muhammad Resha G ·         Rafii Abdul Rafi ·         Saepul Malik ·         Sucipto Rizki S ·         Teten Muhammad Z SMA NEGERI 1 SINGAPARNA Jln. Pahlawan KHZ mustofatelp.(0265)545203, Singaparna 46416 TASIKMALAYA fax. (0265)541499 E-mail: smanspang@yahoo.co.id website: Smanspa.sch.id BintikButa 1.1 Tujuan Mengetahui adanya bintik buta                                                                                                                          1.2 Landasan teori          Benda yang terkena cahaya akan membiaskan cahayanya melalui kornea dan diteruskan ke aqeus humor , pupil, lensa mata, vitrous humor , kemudian retina. Cahaya yang masuk ke bagian bintik kuning retina akan mengenai sel-sel batang dan kerucut. Sel kerucut sebagai fotoreseptor yang peka cahaya akan men

contoh resensi novel

Hidupku Di Putaran Roda Becak A.     Identitas buku Judul buku                   : Kukayuh Becakku Kurentang Nasibku Penyunting                   : Lia Chulyana Desain sampul              : Muhamad Gumilar Pengarang                    : Drs. Zainab Marsahn Penerbit                        : CV. SAHALA ADIDAYATAMA Tahun terbit                  : 24 Juli 2006 Tebal buku                   : 135 halaman Harga buku                 : Rp. 58.000 B.      Sinopsis Buku ini menceritakan sebuah kisah nyata seorang tukang becak bernama Sukarman bersama istri dan kelima anaknya. Dimana salah satu anaknya menderita penyakit yang ganas. Tukang becak ini berbeda dengan tukang becak lainnya karena dia memiliki cita-cita yang luar biasa yaitu ingin menyekolahkan anak-anaknya hingga jenjang yang tinggi dan menyembuhkan penyakit anaknya. Tentu hal itu tidak mudah bagi Sukarman yang penghasilannya tidak seberapa. Sukarman tetap memutar roda becaknya melintasi liku-liku ke