Skip to main content

Laporan Seni Budaya Musikalisasi puisi

Laporan Seni Budaya
Musikalisasi puisi

Disusun oleh Kelompok 3 :
Aldi Sanjaya
Asep Saepul M
Candra Riswanto
Ilham Maulana
Lutfi Rizki S
Muhammad Resha G
Rafii Abdul Rafi
Saepul Malik
Sucipto Rizki S
Teten Muhammad Z


SMA NEGERI 1 SINGAPARNA
Jln. Pahlawan KHZ mustofatelp.(0265)545203, Singaparna 46416
TASIKMALAYA fax. (0265)541499 E-mail: smanspang@yahoo.co.id
website: Smanspa.sch.id

A. Konsep garap
Untuk praktek UKK Seni Budaya ini kami memilih musikalisasi puisi   dari pada konsep yang lain karna yang terbayang dalam benak kami adalah konsep musikalisasi puisi dan kebetulan di antara kami banyak yang bisa bermain musik.
Memang  pada awalnya kami sangatkesulitan untuk menerapkan puisi karya W.S. Rendra yang brjudul Orang-Orang miskin ini kedalam bentuk musikalisasi puisi, kami sempat memutuskan untuk mengganti puisi Orang-Orang miskin ini dan mengganti nya dengan puisi yang lain, namun setelah kami pikir itu akan sulit karna puisi orang-orang miskin saja yang sudah kami konsep sedimikian rupa  saja masih susah untuk melarapkan ke dalam musikalisasi puisi dan melarapkan ke dalam nada yang pas apalagi jika diganti dengan puisi yang baru, itu akan sama saja, tapi akhirnya dengan kerja keras kami dapat melarapkan puisi Orang-orang miskin tersebut kedalam musikalisasi puisi dan dengan nada yang pas.
Dalam penyajian musikalisasi puisi oraang-orang miskin karya W.S Rendra ini kami menggunakan aliran music baladah, kami menngunakan jenis music ini karna puisi orang-orang miskin ini menceritakan keperihatan terhadap kehidupan orang-orang miskin yang penuh penderitaan  jadi tidak mungkin kami menngunakan jenis music rock atau jenis music lain yang iramanya menghentak, karna itu tidak akan sesuai dengan penghayatan terhadap isi dari puisi orang-orang miskin tersebut.
B. Sinopsis
Puisi ini menceritakan tentang keprihatinan terhadap  kehidupan orang-orang miskin yang hidup menderita  mereka meminta-minta di jalan, mengemis meminta belas kasihan orang, kehidupan orang-orang miskin yang   ditelantarkan oleh orang-orang disekitarnya ataupun oleh negaranya, malahan dibalik itu semua Negara terus melakukan pembangunan, sedangkan orang-orang miskin tetap terlantar mereka terlunta-lunta di jalanan mencari makan dengan meminta belas kasihan orang.

C. Puisi
Orang-Orang miskin
Oleh: W.S. Rendra
Orang-orang miskin dijalan
Yang tinggal didalam selokan
Yang kalah di dalam pergulatan
Yang di ledek oleh impian
Janganlah mereka ditinggalkan

Angin membawa bau mereka
Rambut melekat di bulan purnama
Wanita bunting berbaris di cakrawala Mengandung buah jalan raya
Orang-orang miskin orang-orang berdosa
Bayi gelap dalam batin rumput dan lumut di jalan raya Tak bias kamu abaikan

Bila kamu meremehkan mereka
Dijalan kamu akan di buru bayangan
Tidurmu akan penuh igauan
Dan bahasa anak-anakmu sukar kamu terka
Jangan kamu bilang Negara ini kaya
Karena orang berkembang di kota desa

Jangan kamu bilang dirimu kaya
Bila tetanggamu makai bangkai kucingnya
Lambing Negara ini mestinya trompah dan belacu
Dan perlu di usulkan agar ketemu presiden tidak perlu berdasi seperti belanda
Dan tentara di jalan jangan bebas memukul mahasiswa

Orang-orang miskin di jalan masuk kedalam tidur malamu
Perempuan-perempuan bunga raya
Menyuapi putra putranya
Tangan-tangan kotor dari jalanan
Meraba-raba kaca jendelamu

Mereka tak bias kamu biarkan
Jumlah mereka tak bisa kamu mistik menjadi nol
Mereka akan menjadi pertanyaan yang mencegat ideologimu
Gigi mereka yang kunng akan mengiris muka agamamu
Kuman-kuman sipilis dan tbc dari gang-gang gelap
Akan hinggap di gorden presidenan
Dan buku programa gedung kesenian

Orang-orang miskin berbaris sepanjang sejarah
Bagai udara panas yang selalu ada
Bagai gerimis yang selalu membanyang
Orang orang niskin mengangkat pisauTertuju ke dada kita
Atau kedada mereka sendiri
O, kenanglah orang-orang miskin juga berasal dari kemah Ibrahim
Yogya, 4 februari 1978
Potret pembangunan dalam puisi

D. Penutup

a. Kesimpulan
Akhirnya konsep garap yang kami rencanakan berjalan dengan baik pada ujian praktek seni budaya ini bahkan kami mendapat respon yang cukup baik dari guru mata pelajaran, kami mendapat tawaran untuk menampilkan musikalisasi puisi kami pada acara perpisahan kelas XII,  kami merasa sangat senang kerja keras yang kami lakukan mendapatkan hassil yang baik.
Kami berterimakasih terhadap semua pihak yang telah mendukung semua yang telah mendukung, terutama kepada orang tua kami yang selalu mensuport kami dengan baik.

b. Saran
Kami minta maaf jika dalam makalah ini terdapat kesalahan, kesalahan tersebut berasal dari diri kami sendiri dan keebenaranya dari Allah SWT dan Kami yakin dalam penulisan makalah  ini banyak sekali kekurangannya. Untuk itu kami mohon kepada para pembaca agar dapat memberikan saran, kritikan, atau mungkin komentarnya demi kelancaran tugas ini.

Dokumentasi









Comments

Popular posts from this blog

kumpulan cheat terbaru perjuangan semut 2013

kumpulan perjuangan semut 2013 Tools : [-] Browser ( Mozilla Firefox , Google Chrome) [-] Cheat Engine [C.E] Cheat Batu Kuat Level 5 Perjuangan Semut 1. Buka Perjuangan Semut 2. Buka Cheat Engine versi berapapun - Klik Plugin Container untuk Windows XP - FlashPlayerPlugin untuk Windows 7 3. Masuk Pabrik Alat > Perkuat 4. First scan jumlah batu kuat level 3 kalian 5. Drag 1 batu kuat level 3 sehingga jumlah batu kuatnya kurang 1 lalu next scan jumlah sesudah kurang 1, setelah itu drag lagi batu kuat level 3 dari kotak perkuat ke kumpulan batu sehingga bertambah 1 lalu next scan jumlah setelah bertambah 1 *lakukan langkah ini berulang kali sehingga muncul 1 adrress 6. Klik 2x pada adress yang ditemukan 7. Tambahkan +20 pada akhiran address kemudian VALUE nya diganti menjadi - 4 Untuk Batu Kuat level 4 - 5 Untuk Batu Kuat level 5 8. Keluar Pabrik dan Kembali lagi ke Pabrik 9. Taraaaaaa, batu kuat level 3 anda berubah menjadi batu kuat level 5!!! NB : Cheat ini

laporan praktikum Bintik Buta

Lapoaran pratikum Biologi Bintik Buta Disusunoleh          : ·         Aldi Sanjaya ·         Asep Saepul M ·         Candra Riswanto ·         Ilham Maulana ·         Lutfi Rizki S ·         Muhammad Resha G ·         Rafii Abdul Rafi ·         Saepul Malik ·         Sucipto Rizki S ·         Teten Muhammad Z SMA NEGERI 1 SINGAPARNA Jln. Pahlawan KHZ mustofatelp.(0265)545203, Singaparna 46416 TASIKMALAYA fax. (0265)541499 E-mail: smanspang@yahoo.co.id website: Smanspa.sch.id BintikButa 1.1 Tujuan Mengetahui adanya bintik buta                                                                                                                          1.2 Landasan teori          Benda yang terkena cahaya akan membiaskan cahayanya melalui kornea dan diteruskan ke aqeus humor , pupil, lensa mata, vitrous humor , kemudian retina. Cahaya yang masuk ke bagian bintik kuning retina akan mengenai sel-sel batang dan kerucut. Sel kerucut sebagai fotoreseptor yang peka cahaya akan men

Hunter X Hunter 149 Bahasa Indonesia

Hunter X Hunter 149  pertemuan ============== DOWNLOAD     Hunter X Hunter 150 Bahasa Idonesia