Laman

November 05, 2011

chatting (ngobrol di internet)

Percakapan di Internet (Inggris: Internet chat atau online chat) mengacu kepada segala bentuk komunikasi menggunakan Internet, tetapi secara spesifik mengacu kepada percakapan berbasis teks antara dua orang pengguna Internet. Percakapan di Internet dapat menggunakan perangkat lunak seperti pengirim pesan instan, Internet Relay Chat, dan lain-lain.
B. Sejarah chatting
YM pertama kali dirilis pada 9 Maret 1998. Waktu itu, nama pertamanya adalah Yahoo Pager, namun kemudian berubah namanya menjadi Yahoo Messanger. Di Amerika Serikat, layanan ini biasa disebut YIM.
Sejak dulu hingga sekarang, fasilitas ini gratis digunakan. Sebagai sebuah layanan, Yahoo menyatukannya dengan layanan Yahoo! Mail, sehingga pengguna akan diinfokan kehadiran surat yang masuk saat sedang chatting.
Menu lain yang ditawarkan canggih juga. Misalnya mengobrol dari sesama pengguna YM di komputer atau dari telepon rumah/seluler ke komputer, video conference, transfer file, layanan pesan singkat ke ponsel, dst.
Dalam urusan mengirim file, ukurannya bisa sampai 2GB. Di sisi lain, saat chatting, pengguna sebenarnya bisa mendengarkan Yahoo! Music Radio dengan tersambung ke siaran radio yang sayangnya berbayar.
Kala pengguna YM menggunakan webcam, kecepatan gambar (frames per second) pembicara mencapai 1-2 gambar per detik dengan resolusi gambar biasanya dimulai dari 320 x 240 pixels atau 160 x 120 pixels.
Isi chatting sendiri memungkinkan dikirim kapanpun, alias pesan baru terbaca saat pengguna aktif atau biasa disebut offline messaging. Bahkan, ada juga menu games di YM yang perlu aktivasi program Java sebelumnya.
Namun demikian, prakteknya, fitur canggih ini tak tersedia di seluruh negara. Contohnya layanan mengobrol suara dari telepon ke YM di komputer baru disediakan Inggris, Amerika Serikat, dan Prancis.
Pihak Yahoo sendiri terus mengembangkan layanan chatting ini. Selain menjalin aliansi dengan Windows Live Messanger (layanan chatting milik Microsoft) pada 12 Juli 2006, versi YM terbaru juga bisa membuat pengguna chatting ke facebook.
Sementara itu, layanan Gtalk sendiri pertama dikenalkan ke publik pada 24 Agustus 2005. Secara keseluruhan, menu yang diberikannya hampir sama dengan apa yang diberikan oleh YM. Nah lur, itu dia, kilas sejarah chatting di komputer. (MSU)
C. software chatting

Beberapa perangkat lunak untuk percakapan di Internet antara lain:

* AOL Instant Messenger (AIM)
* Camfrog
* Campfire
* Gadu-Gadu
* Google Talk
* ICQ (OSCAR)
* Internet Relay Chat (IRC)
* Jabber (XMPP)
* MUD
* MUSH
* PalTalk
* Pichat
* PSYC
* SILC
* Skype
* Talk
* Talker
* TeamSpeak (TS)
* Vivox
* Windows Live Messenger
* Yahoo! Messenger

Perangkat lunak yang mendukung banyak protokol

* Adium
* Digsby
* IMVU
* Kopete
* Meetro
* Miranda IM
* Pidgin
* Trillian
* Quiet Internet Pager

Comments
1 Comments

1 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar disini, dan gunakan bahasa yang baik dan benar, dan juga saya beritahukan blog ini DOFOLLOW.