Skip to main content

internet, ISP, dan jaringan komputer


INTERNET
a. pengertian
internet (inter networking) adalah gabungan dari beberapa jaringan komputer di seluruh dunia yang saling terhubung, dan menghubungkan puluhan, ratusan, bahkan ribuan komputer yang memungkinkan berbagi informasi dan sumber daya sehingga membentuk sistem informasi global.
b. keunggulan
adapun keunggulan tersebut antara lain sebagai berikut :
1. komunikasi murah
2. sumber informasi besar
3. tantangan baru untuk berusaha
4. keterbukaan "tanpa sensor"
5. jangkauan yang tidak terbatas
c. kegunaan internet
banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari internet diantaranya :
¤ alat komunikasi
¤ sumber informasi
¤ sarana hiburan
¤ berbagi berita, atau mengirimkan berita.
¤ sarana mencari teman.
d. sejarah
perkembangan internet di mulai pada wahun 1969 dengan beroperasinya jaringan ARPANET yang menghubungkan empat buah komputer, masing masing di UCLA di standford research institute (SRI), di universitas california, santa barbara (UCSB), dan universitah utah charley kline, dengan bandwidth sebesar 50 kbps, yang disediakan perusahaan American telephone and telegraph istilah internet sendiri muncul pada tahun 1983 dengan di temukanya TCP/IP (tranmission control protocol/ internet protocol) pada awalnya internet dibiayai oleh pemerintah amerika serikat dan penggunaanya dibatasi hanya untuk kepentingan militer, pembatasan itu kemudian di cabut di awal dekade 90-an dan internet mulai di gunakan secara komersial serta dapat diakses oleh masyarakat umum.
e. fasilitas internet
internet mempunyai banyak bagian artara lain sebagai berikut :
1. world wibe web disinkat web merupakan bagian yang paling menarik dari internet, melalui web kita bisa mengakses informasi yang tidak hanya berupa teks, tapi gambar, suara, film, dan lain lain, untuk mengakses web dibutuhkan software yang disebut browser, browser terpopuler adalah internet explorer, netscape navigator, mozila firefox, dan google chrome.
2. elektronik mail ( e-mail) siapa yang tak tau email hampir semua orang di dunia mempunyai e-mail, e-mail adalah surat elektronik yang di kirim melalui internet.
3. telnet
dengan menggunakan telnet kita bisa menggunakan komputer untuk berhubungan dengan komputer lain dan mencari atau mengambil informasi yang ada di computer
4. file transfer protocol disingkat FTP melalui software ini kita bisa mengirimkan data atau file dari satu komputer ke komputer lain. proses mengirim file dari sebuah komputer satu ke komputer lain disebut Dwonload, sedangkan proses mengirim file dari komputer kita ke komputer lain di sebut upload.
5. gopher adalah sistem dimana pemakai dapat mengakses informasi di komputer lain perbedaan antara gopher dengan web adalah, gopher tidak bisa menampilkan gambar melainkan hanya teks.
6. chat groups atau internet relay chat adalah forum dimana pemakai dapat saling berdiskusi atau berbincang-bincang dengan pemakai lain.
7. newsgroup biasa di sebut ruang percakapan bagi para anggota yang mempunyai kepentingan sama.

ISP ( Internet service provider )
a. Pengertian
internet service provider adalah perusahaan atau badan usaha yg menjual atau menyediakan koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan.
b. Tipe layanan
tipe layanan dari internet service provider ada dua, yaitu
1. dial up dimana pelanggan tidak selamanya terhubung ke internet. dengan kata lain pelanggan bisa terhubung ke internet jika dia menginginkanya, biaya yang di tanggung juga relatif murah, tipe layanan ini biasa digunakan bagi pengguna individu dan rumah tangga
2. dedicated connection dimana pelanggan terhubung selama 24 jam, biaya yang di tanggung pelanggan cukup besar di banding tipe layanan dial up, tipe layanan ini biasa digunakan seperti di warnet.

JARKOM (jaringan computer)
a. pengertian
jaringan komputer adalah suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer otonom,
b. tujuan
jaringan komputer bertujuan menghubungkan jaringan-jaringan yang ada dalam jaringan tersebut sehingga informasi dapat di transper dari satu lokasi ke lokasi lain.
c. manfaat jaringan komputer
1. jaringan komputer memungkinkan menajemen sumber daya lebih efisiens
2. jaringan komputer membantu mempercepat proses berbagi data memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi lebih efisien
3. jaringan komputer membantu mempertahankan informasi tetap handal dan up to date
4. jaringan komputer membantu dunia usahd dalam melayani client lebih efisien.

Comments

Popular posts from this blog

kumpulan cheat terbaru perjuangan semut 2013

kumpulan perjuangan semut 2013 Tools : [-] Browser ( Mozilla Firefox , Google Chrome) [-] Cheat Engine [C.E] Cheat Batu Kuat Level 5 Perjuangan Semut 1. Buka Perjuangan Semut 2. Buka Cheat Engine versi berapapun - Klik Plugin Container untuk Windows XP - FlashPlayerPlugin untuk Windows 7 3. Masuk Pabrik Alat > Perkuat 4. First scan jumlah batu kuat level 3 kalian 5. Drag 1 batu kuat level 3 sehingga jumlah batu kuatnya kurang 1 lalu next scan jumlah sesudah kurang 1, setelah itu drag lagi batu kuat level 3 dari kotak perkuat ke kumpulan batu sehingga bertambah 1 lalu next scan jumlah setelah bertambah 1 *lakukan langkah ini berulang kali sehingga muncul 1 adrress 6. Klik 2x pada adress yang ditemukan 7. Tambahkan +20 pada akhiran address kemudian VALUE nya diganti menjadi - 4 Untuk Batu Kuat level 4 - 5 Untuk Batu Kuat level 5 8. Keluar Pabrik dan Kembali lagi ke Pabrik 9. Taraaaaaa, batu kuat level 3 anda berubah menjadi batu kuat level 5!!! NB : Cheat ini

laporan praktikum Bintik Buta

Lapoaran pratikum Biologi Bintik Buta Disusunoleh          : ·         Aldi Sanjaya ·         Asep Saepul M ·         Candra Riswanto ·         Ilham Maulana ·         Lutfi Rizki S ·         Muhammad Resha G ·         Rafii Abdul Rafi ·         Saepul Malik ·         Sucipto Rizki S ·         Teten Muhammad Z SMA NEGERI 1 SINGAPARNA Jln. Pahlawan KHZ mustofatelp.(0265)545203, Singaparna 46416 TASIKMALAYA fax. (0265)541499 E-mail: smanspang@yahoo.co.id website: Smanspa.sch.id BintikButa 1.1 Tujuan Mengetahui adanya bintik buta                                                                                                                          1.2 Landasan teori          Benda yang terkena cahaya akan membiaskan cahayanya melalui kornea dan diteruskan ke aqeus humor , pupil, lensa mata, vitrous humor , kemudian retina. Cahaya yang masuk ke bagian bintik kuning retina akan mengenai sel-sel batang dan kerucut. Sel kerucut sebagai fotoreseptor yang peka cahaya akan men

Hunter X Hunter 149 Bahasa Indonesia

Hunter X Hunter 149  pertemuan ============== DOWNLOAD     Hunter X Hunter 150 Bahasa Idonesia