Skip to main content

Memanfaatkan Waktu saat Menjadi Pengangguran | Freewriting

Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan, pada tahun 2017 telah terjadi kenaikan jumlah  pengangguran di Indonesia sebesar 10.000 orang menjadi 7,04 juta orang pada Agustus 2017 dari Agustus 2016 sebesar 7,03 juta orang.
Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2017

data diatas menandakan masih tingginya tingkat pengangguran di Negara ini. hal ini menjadi penanda ada sesuatu yang salah dengan negara ini. entah itu sistem pendidikanya yang belum benar, sehingga lulusan pendidikanya tidak bisa diserap oleh perusahaan-perusahaan dan dijadikan sebagai tenaga kerja. Pun sebaliknya ada yang salah dengan pemanfaatan tenaga kerja dinegara ini sehingga lapangan pekerjaan untuk orang Indonesia sendiri sangatlah susah. mungkin saja keduanya. tapi gue gak akan bahas soal itu sekarang, takut malah nantinya jadi pembahasan kritik tanpa solusi. hal yang mau gue bahas kali ini adalah tentang menjadi penganguran yang produktif, bagaimana memanfaatkan waktu sebagai pengangguran.

Kebanyakan dari pengangguran hidupnya tertekan, tertekan karna tuntutan orang tua, tertekan oleh lingkungan, dan banyak hal yang mempengaruhi pikiranya.  Sibuk kesana kamari mencari pekerjaan  tapi belum juga dapat pekerjaan. mengandalkan koneksi orang dalam, tapi gak punya koneksi sama sekali, cuma bermodalkan dengkul dan ijazah yang didapatkan dari hasil kerja keras sekolah selama bertahun-tahun.

namun ada juga penganguran yang tiap harinya bermalas-malasan, menyibukan dirinya dengan bermain games, tidur seharian, membenarkan dirinya dengan rutinitas seperti itu karna alasan susahnya mendapatkan pekerjaan. ada saat saat dimana gue berpikir kalo kasus diatas hal yang wajar dan yamau gimana lagi memang faktanya seperti itu. tapi gua mulai berpikir ulang, apakah bener hal yang seperti itu wajar.

"ingatlah lima perkara sebelum lima perkara" itulah ungkapan orang bijak yang sering gua denger. Salah satu dari lima perkara ini adalah waktu luang sebelum waktu sibukmu. Sebenernya jadi penganguran juga adalah kenikmatan sekaligus ujian dari tuhan yang diberikan kepada kita.

Kenapa engga, banyak kok orang yang udah kerja tapi pengen keluar dari kerjaanya karna jam kerja yang terlalu sibuk sehingga berkuranglah waktu luangnya atau bahkan tak ada waktu luang yang bisa dia manfaatkan. Saat gua jadi penganguran waktu gua jadi lebih senggang dan banyak waktu yang bisa gua manfaatin.

Eits tapi jangan zamle terlena ya, saat kalian jadi pengguran menurut gua kurangi hal-hal seperti
mengeluh, saat kalian mau mengeluh coba tanyakan lagi apa sih yang mau kalian keluhkan, seberapa banyak sih kesusahan yang mau kalian keluhakan, coba bandingin sama nikmat hari ini yang kalian dapatkan dari tuhan, lebih banyak susahnya apa nikmatnya. "sedikit mengeluh banyak bersyukur"  disamping itu kalian bisa melakukan hal-hal lain yang lebih baik yang dapat menambah pengetahuan dan skill kalian untuk modal nanti saat melamar pekerjaan yang kalian inginkan,

BELAJAR adalah solusi yang tepat untuk memanfaatkan waktu saat kalian jadi penganguran, sambil nunggu panggilan interview, atau sambil ngelamar-lamar pekerjaan kita bisa menambah skill dengan mempelajari hal-hal yang bisa menunjang untuk keperluan pekerjaan nanti.

mulailah belajar dengan apa yang paling kita senangi, misal kalo gua seneng design jadi gua belajar car-cara design, gimana cara design yang menarik, intsal sofware yang menunjang keperluan design dll. banyak kok sumber yang bisa lu pada dapetin dengan modal  googling aja udah banyak referensi dan tutorial yang bisa lu dapetin. terus gua juga seneng editinng video jadi, gua cari-cari tutorial editing video di google, atau kalo lu suka maen game, belajar lah caranya buat game, dari mulai buat kodinganya sampai gimana mengahsilkan sebuah game yang bisa dimainin, dan masih banyak lagi hal yang bisa lu pelajari.

selain belajar, lu juga bisa iseng-iseng nulis, ya mulailah nulis bebas atau freewriting selama 10 menit tanpa lu hapus, tulis aja apa yang ada dipikiran lu ini sangat berguna buat ngasih gimana caanya l menungkapkan apa yang lu pikirin.

terus lu juga bisa lebih mendekatkan diri ke tuhan. atau keluarga lu. intinya banyak hal yang lebih berguna yang bisa lu manfaatin sat lu jadi penganguran, dibandingin lu males-malesan tidur atau ngeluh.

" jangan liat keatas mulu bos ntar leher lu sakit, liat juga apa yang lu injek, siapa tau lu nginjek cangkang pisang, ntar kepleset lu, jangan lupa bos"




========================NOTE=======================
"tulisan di blog ini adalah tulisan freewriting, jadi mohon maaf denan tata bahasa yang kurang sopan, dan tatacara penulisan yang tidak seseuai. 
====================================================

Comments

Popular posts from this blog

kumpulan cheat terbaru perjuangan semut 2013

kumpulan perjuangan semut 2013 Tools : [-] Browser ( Mozilla Firefox , Google Chrome) [-] Cheat Engine [C.E] Cheat Batu Kuat Level 5 Perjuangan Semut 1. Buka Perjuangan Semut 2. Buka Cheat Engine versi berapapun - Klik Plugin Container untuk Windows XP - FlashPlayerPlugin untuk Windows 7 3. Masuk Pabrik Alat > Perkuat 4. First scan jumlah batu kuat level 3 kalian 5. Drag 1 batu kuat level 3 sehingga jumlah batu kuatnya kurang 1 lalu next scan jumlah sesudah kurang 1, setelah itu drag lagi batu kuat level 3 dari kotak perkuat ke kumpulan batu sehingga bertambah 1 lalu next scan jumlah setelah bertambah 1 *lakukan langkah ini berulang kali sehingga muncul 1 adrress 6. Klik 2x pada adress yang ditemukan 7. Tambahkan +20 pada akhiran address kemudian VALUE nya diganti menjadi - 4 Untuk Batu Kuat level 4 - 5 Untuk Batu Kuat level 5 8. Keluar Pabrik dan Kembali lagi ke Pabrik 9. Taraaaaaa, batu kuat level 3 anda berubah menjadi batu kuat level 5!!! NB : Cheat ini

laporan praktikum Bintik Buta

Lapoaran pratikum Biologi Bintik Buta Disusunoleh          : ·         Aldi Sanjaya ·         Asep Saepul M ·         Candra Riswanto ·         Ilham Maulana ·         Lutfi Rizki S ·         Muhammad Resha G ·         Rafii Abdul Rafi ·         Saepul Malik ·         Sucipto Rizki S ·         Teten Muhammad Z SMA NEGERI 1 SINGAPARNA Jln. Pahlawan KHZ mustofatelp.(0265)545203, Singaparna 46416 TASIKMALAYA fax. (0265)541499 E-mail: smanspang@yahoo.co.id website: Smanspa.sch.id BintikButa 1.1 Tujuan Mengetahui adanya bintik buta                                                                                                                          1.2 Landasan teori          Benda yang terkena cahaya akan membiaskan cahayanya melalui kornea dan diteruskan ke aqeus humor , pupil, lensa mata, vitrous humor , kemudian retina. Cahaya yang masuk ke bagian bintik kuning retina akan mengenai sel-sel batang dan kerucut. Sel kerucut sebagai fotoreseptor yang peka cahaya akan men

Hunter X Hunter 149 Bahasa Indonesia

Hunter X Hunter 149  pertemuan ============== DOWNLOAD     Hunter X Hunter 150 Bahasa Idonesia