Skip to main content

contoh resensi novel


Hidupku Di Putaran Roda Becak

A.    Identitas buku
Judul buku                  : Kukayuh Becakku Kurentang Nasibku
Penyunting                  : Lia Chulyana
Desain sampul             : Muhamad Gumilar
Pengarang                   : Drs. Zainab Marsahn
Penerbit                       : CV. SAHALA ADIDAYATAMA
Tahun terbit                 : 24 Juli 2006
Tebal buku                  : 135 halaman
Harga buku                 : Rp. 58.000


B.     Sinopsis
Buku ini menceritakan sebuah kisah nyata seorang tukang becak bernama Sukarman bersama istri dan kelima anaknya. Dimana salah satu anaknya menderita penyakit yang ganas. Tukang becak ini berbeda dengan tukang becak lainnya karena dia memiliki cita-cita yang luar biasa yaitu ingin menyekolahkan anak-anaknya hingga jenjang yang tinggi dan menyembuhkan penyakit anaknya. Tentu hal itu tidak mudah bagi Sukarman yang penghasilannya tidak seberapa. Sukarman tetap memutar roda becaknya melintasi liku-liku kehidupan menuju masa depan yang gemilang.
Dalam perjalanan hidupnya, Sukarman bertemu dengan seorang turis Australia bernama Bill Morrow. Perbincangan singkat telah menjadikan mereka sepasang saudara yang saling berbagi kehidupan satu sama lain. Satu persatu cita-cita dan keinginan Sukarman mulai terwujud oleh bantuan Bill mulai dari kesembuhan penyakit anaknya hingga memperoleh tempat hidup yang baru. Semua itu dilakukan Bill tanpa pamrih dan dengan senang hati. Sukarman pun masih tidak mengetahui alasan kuat apa yang mendorong Bill untuk membantunya.



Tidak sedikit juga masalah yang dihadapi Sukarman dalam buku ini mulai dari biduk kecil yang diguncang badai hingga krisis moneter yang berkepanjangan. Pernah sesekali Sukarman berputus asa namun dengan kesabaran dan semangat hidup yang tinggi dia berhasil bangkit menerobos segala rintanan yang ada. Semua perjuangan itu berhasil dikemas oleh si pengarang dengan alur cerita yang menarik dan latar tempat kota yogyakarta.

C.    Kelebihan dan kekurangan
Dalam Buku ”Kukayuh Becakku Kurentang Nasibku “ ini terdapat daftar istilah sulit beserta pengertiannya di setiap akhir babnya. Daftar istilah ini bisa membantu pembaca untuk lebih paham terhadap bahasa-bahasa yang kurang dimengerti dalam buku ini. Selain itu, dengan membaca buku ini kita mendapatkan pengetahuan lebih tentang kota yogyakarta khususnya garebeg yogyakarta. Semuanya akan dijelaskan secara mendetail dalam sebuah percakapan mulai dari gunungannya, prajuritnya, hingga arti simbolis dari setiap unsur-unsur tersebut.
Sayangnya gambar-gambar dalam buku ini kurang berwarna dan menarik sehingga kadang-kadang membuat orang mudah bosan saat membacanya. Gambar yang disajikan berwarna hitam putih namun tetap relevan dengan cerita yang diangkat dan cukup memberikan informasi yang jelas.

D.    Penutup
Buku ini sangat mendidik dan memberikan nilai-nilai kehidupan untuk tidak mudah berputus asa dalam menjalani hidup karena dibalik setiap kesulitan pasti ada kemudahan. Jadi , buku ini sangat cocok untuk semua kalangan dari muda sampai tua yang ingin lebih mengetahui tentang yang sejati dan arti pentingnya hidup.

Comments

Popular posts from this blog

kumpulan cheat terbaru perjuangan semut 2013

kumpulan perjuangan semut 2013 Tools : [-] Browser ( Mozilla Firefox , Google Chrome) [-] Cheat Engine [C.E] Cheat Batu Kuat Level 5 Perjuangan Semut 1. Buka Perjuangan Semut 2. Buka Cheat Engine versi berapapun - Klik Plugin Container untuk Windows XP - FlashPlayerPlugin untuk Windows 7 3. Masuk Pabrik Alat > Perkuat 4. First scan jumlah batu kuat level 3 kalian 5. Drag 1 batu kuat level 3 sehingga jumlah batu kuatnya kurang 1 lalu next scan jumlah sesudah kurang 1, setelah itu drag lagi batu kuat level 3 dari kotak perkuat ke kumpulan batu sehingga bertambah 1 lalu next scan jumlah setelah bertambah 1 *lakukan langkah ini berulang kali sehingga muncul 1 adrress 6. Klik 2x pada adress yang ditemukan 7. Tambahkan +20 pada akhiran address kemudian VALUE nya diganti menjadi - 4 Untuk Batu Kuat level 4 - 5 Untuk Batu Kuat level 5 8. Keluar Pabrik dan Kembali lagi ke Pabrik 9. Taraaaaaa, batu kuat level 3 anda berubah menjadi batu kuat level 5!!! NB : Cheat ini

laporan praktikum Bintik Buta

Lapoaran pratikum Biologi Bintik Buta Disusunoleh          : ·         Aldi Sanjaya ·         Asep Saepul M ·         Candra Riswanto ·         Ilham Maulana ·         Lutfi Rizki S ·         Muhammad Resha G ·         Rafii Abdul Rafi ·         Saepul Malik ·         Sucipto Rizki S ·         Teten Muhammad Z SMA NEGERI 1 SINGAPARNA Jln. Pahlawan KHZ mustofatelp.(0265)545203, Singaparna 46416 TASIKMALAYA fax. (0265)541499 E-mail: smanspang@yahoo.co.id website: Smanspa.sch.id BintikButa 1.1 Tujuan Mengetahui adanya bintik buta                                                                                                                          1.2 Landasan teori          Benda yang terkena cahaya akan membiaskan cahayanya melalui kornea dan diteruskan ke aqeus humor , pupil, lensa mata, vitrous humor , kemudian retina. Cahaya yang masuk ke bagian bintik kuning retina akan mengenai sel-sel batang dan kerucut. Sel kerucut sebagai fotoreseptor yang peka cahaya akan men

Hunter X Hunter 149 Bahasa Indonesia

Hunter X Hunter 149  pertemuan ============== DOWNLOAD     Hunter X Hunter 150 Bahasa Idonesia