Laman

Maret 26, 2012

Museum Biologi UGM


A.    Museum Biologi
Museum Biologi UGM mulai dibuka untuk umum sejak 1 Januari 1970. Tahun 1969 - 2001, pengelolaan Museum Biologi ini berada di bawah tanggung jawab Drs. Anthon Sukahar sebagai ketua tim pelaksana sekaligus Direktur Museum yang pertama.
Koleksi Museum Biologi UGM ini adalah berbagai macam flora dan fauna yang diawetkan. Koleksi tersebut adalah sebagai berikut :
    3.752 buah koleksi herbarium (awetan) dalam bentuk herbarium kering, herbarium basah, kerangka, serta fosil.
    70% merupakan preparat tanaman.
    30% lainnya berupa preparat hewan.
Koleksi yang didapat museum ini sebagian besar berasal dari Indonesia, sedangkan sisanya berasal dari luar negeri yang merupakan sumbangan dari para peneliti, dosen, maupun masyarakat. Beberapa koleksi merupakan koleksi binatang langka yang wajib dilindungi, misalnya komodo, harimau, beruang madu, trenggiling, burung cendrawasih, dan buaya putih. Untuk koleksi tumbuhannya meliputi koleksi tumbuhan rendah (Cryptogamae) sampai dengan koleksi tumbuhan tinggi (Spermatophyta) yang diawetkan dalam bentuk herbarium kering (1672 species dari 180 familia) dan herbarium basah (350 buah).
Jam Kerja/ Buka
Hari Senin/Kamis : pukul 07.30 – 13.30
Hari Jumat : pukul 07.30 – 11.30
Hari Sabtu : pukul 07.30 – 12.30
Hari Minggu : pukul 07.30 – 12.00
Hari besar : tutup
Tiket masuk
1. Pelajar : Rp. 1.500,-
2. Umum : Rp. 2.000,-
Akomodasi dan Fasilitas
Pengunjung Museum Biologi UGM akan mendapatkan fasilitas pemandu museum. Sebagai pemandu, ia akan menjelaskan koleksi-koleksi museum baik yang dipamerkan dalam etalase, diorama, maupun dalam ruangan penyimpanan. Selain itu tersedia perpustakaan yang representative buat pengunjung yang berminat untuk mengenal koleksi museum lebih jauh. Kemudian tersedia juga fasilitas pendukung lainnya, yaitu : tempat parkir yang memadai, toilet dan tempat ibadah ( Mushola) di  sekita bangunan museum.






Di museum biologi kami mengamati hewan-hewan awetan yang terdapat di sana.
Kemudian, hewan-hewan tersebut kami kelompokkan berdasarkan kelasnya, yaitu:
·         Kelas mamalia
·         kelas reptilia
·         kelas amfibia
·         kelas aves
·         kelas pisces

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar disini, dan gunakan bahasa yang baik dan benar, dan juga saya beritahukan blog ini DOFOLLOW.